6.15.2013

Normalisasi - Sistem Basis Data

Met pagi, siang sore, malem gan..
Pada kesempatan in ane mo share ilmu tentang “Normalisasi” yg notabene bagian dari SBD (System Basis Data (salah satu mata kuliah anak teknik komputer gan)) dr dosen ane, hehehe..
Semoga saja artikel ini bermanfaat untuk pembacanya..
Ok ane akan jelaskan dulu apa itu normalisasi.



       Normalisasi adalah proses penyusunan table-tabel yang tidak redudan (dobel), yang dapat menyebabkan anomali pada saat terjadi operasi manipulasi data seperti tambah, hapus, dan ubah.
       Normalisasi adalah proses pembentukan struktur basis data sehingga sebagian besar ambiguity bisa dihilangkan.
       Normalisasi adalah suatu teknik yang menstrukturkan data dalam cara – cara tertentu untuk membantu mengurangi atau mencegah timbulnya masalah yang berhubungan dengan pengolahan data dalam basis data

Yaps spt itulah pengertian normalisasi. Bagaimana.?? Agan bingung.?? Jk bingung maka saya ucapkan terimakasih karena agan benar2 memperhatikan tulisan ane. Org bingung biasanya memperhatikan J materi gan, jgan khawatir. Mungkin secara teori banyak yg masih bingung dengan pengertian normalisasi di atas itu wajar. 

Ok ane lanjutkan ke pembahasan selanjutnya, yaitu mengenai Tujuan dari Normalisasi 
        Normaliasi diperlukan agar kerelasian dalam basis data menjadi mudah dimengerti, mudah dipelihara, mudah memprosesnya, dan mudah untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan baru.
       Normalisasi mengharuskan relasi pada suatu basis data dalam bentuk normal.
       Bentuk normal sendiri merupakan seperangkat aturan yang dikenakan dan harus dipenuhi oleh relasi basis data pada setiap level normalisasi.

Lanjut gan ke tahapan tahapan Normalisasi
       Tahap Normalisasi dimulai dari tahap paling ringan (1NF) hingga paling ketat (5NF)
       Biasanya hanya sampai pada tingkat 3NF atau BCNF karena sudah cukup memadai untuk menghasilkan tabel-tabel yang berkualitas baik.
       Jika kriteria ketiga (BCNF) tidak dapat terpenuhi, maka paling tidak tabel tersebut tidak melanggar Bentuk Normal tahap ketiga (3rd Normal Form / 3NF ). 

Dari tahapan-tahapan di atas akan saya perinci lgi ke step selanjutnya yaitu mengenai Level Normalisasi
  1. Bentuk Normal Tahap pertama(1st Normal Form/1NF)
  2. Bentuk Normal Tahap kedua(2nd Normal Form/2NF)
  3. Bentuk Normal Tahap (3rd Normal Form/3NF)
  4. Boyce-Code Normal Form(BCNF)
  5. Bentuk Normal Tahap (4th Normal Form/4NF)
  6. Bentuk Normal Tahap(5th Normal Form/5NF)
Itulah normalisasi gan, gmna.?? Masih bingung.?? Baca lg dr atas gan, pelan-pelan saja yg penting bs paham


Kalau masih blm jelas jg, mari lihat contoh normalisasi di bawah ini, semoga bs paham.

contoh saya ambil dr KHS ane sendiri gan, dlm hal ini nanti agan bisa pakai struk, nota, faktur dll.
stelah itu ane mulai tahapan2nya sesuai dg apa yg telah ane paparkan tadi.
pertama ...
lanjut kedua ...
ke tahap tiga ...

and then ke 4 ...

dan selanjutnya yaitu
Step 5 Pengujian Data dengan Data Contoh
yaps..
selesai, demikian tahapan-tahapan dari Normalisasi. jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kotak komentar, terimakasih telah mampir ke blog ane, sekian dari ane. sebelum dan sesudahnya ane ucapkan terimakasih. semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. permisi mas mau nanya untuk tabel jenjang, semisalnya mau ditulis tahun ajaran yang sama tapi semesternya berbeda gimana ya? lalu untuk tabel khs emang sengaja ditulis sama semua ya?

    BalasHapus