6.13.2013

Review Novel Jejak Jejak Jejaka

ok gan, ini pertama kalinya ane me-review sebuah novel dan untuk pertama kalinya membuat review. jadi mohon maaf apabila dalam me-review berbau spoiler. hehehehe

Jejak Jejak Jejaka adalah novel lawas karangan Zara Zettira yg terbit tahun 1989 oleh Gramedia. sbelum me review ni novel ane flash back dulu gan, kanapa ane milih novel lawas ini.

berawal dr membaca cuplikan ni novel yg ada di buku paket Bahasa Indonesia, wkt ane kelas 2 SMP (tahun 2006 kalau ga salah dulu), ane lgsung jatuh hati dan memburu ni novel, selama 6 tahun ane nyari ni novel, ke toko buku, ke pameran / bazar buku, toko online, ane cari g dapet2, sampai akhinya kemarin skitar 1 minggu yg lalu ane dapet hadiah ni novel dr pacar ane. waah happy nyaaaa...

ok kembali ke review nya, novel ini bercerita tentang kehidupan Pratiwi Susanti (tokoh utama) yg hidup penuh kesulitan stelah ditinggal wafat ayah nya. dia mempunya seorang adik laki-laki bernama Danu yg msih duduk di bangku SMP kelas 3, (Danu menyukai merpati pos). dan seorang ibu dg pekerjaannya sabagai penjahit. tiwi, demikian panggilan pratiwi dalam novel tsb, ia adl seorang gadis 20 th yang bekerja di sebuah perpustakaan dekat kampus Universitas Garuda. dahulunya tiwi adl seorg mahasiswi jrusan ekonomi di universitas itu. tp karena bapaknya meninggal akhirnya dia keluar saat semester 1 lebih 3 minggu. dan kemudian di ajak bekerja di perpustakaan oleh seorang pemuda bernama jaka (30thn).

tiwi cukup familiar di kalangan mahasiswa2 yg datang ke perpus tsb. mungkin karena dulu dia mantan mahasiswi Univ Garuda atau mungkin karena dia yg ceria dan ramah. dr para mahasiswa2 tersebut adalah #Galih mahasiswa kedokteran yg sering curhat denganya mngenai keluarganya. 
#Heri mahasiswa yg selalu meminjam buku perpus namun sering telat bahkan menghilangkan buku perpus yg dipinjam hingga heri kena blacklist dr daftar peminjam buku. 
#Lutfi mahasiswa kehilangan buku di perpus tsb.
#Nanda seorg mahasiswa yg keluar karena ingin bkerja. dan karyawan perpustakaan 
#Jaka pemuda lajang yang akan segera menikah karena dijodohkan dengan org tuanya dy hidup bareng dg temannya si Polan (Polan = dia bencong gan)

suatu wkt tiwi mendapati surat merah muda di dalam tasnya. surat lugu yang isinya menyatakan ketertarikannya dg tiwi. sebut tertanda someone who knows, mulai dr situ kehidupan tiwi berubah, dy mulai mencurigai setiap pemuda yg dekat dg nya. mulai dr jaka, galih, lutfi, dan juga nanda, namun kecurigaannya itu mulai terbantahkan satu persatu.

selanjutnya tiwi mendptkan surat2 cinta dr someone who knows lewat merpati pos adik nya. kehidupannya mulai kacau ketika ibunya jatuh sakit, suatu ketika tiwi kerumah jaka untuk meminta bantuan pd jaka guna mengantarnya ke dokter. kbetulan di rumah jaka ada polan dan teman yg  lainnya lg ngobrol dan jaka sedang ada di belakang. ketika tiwi duduk dy melihat tumpukan kertas berisi ungkapan hati oleh someone who knows di rumah jaka

dan apa selanjutnya.??
apakah jaka yg mengirimnya.??
jk dy yg mengirimnya, bukankah dy akan menikah dg gadis pilihan org tuanya.??
penasaran.???
segeralah beli novel nya... :)

1 komentar:

  1. wah makasih gan, mkasih bgt atas review nya.. ane juga nyari ni buku udah lama tp belum ketemu..
    makasih ya gan.

    BalasHapus